Skip to main content

PROFIL DJAIR - PENGARANG CERSIL JAKA SEMBUNG

Bagi anda penggemar komik cersil era 70-80 tentunya mengenal cersil Jaka sembung karya Djair. Dulupun saya begitu menyukai cersil tanah air yang satu ini. Ceritanya begitu orisinil dan memiliki perkembangan cerita yang menarik. Ditambah lagi banyaknya karakter-karakter yang berdiri sendiri dan memiliki detail ceritanya masing-masing. Selain serial Jaka Sembung, Djair juga membuat banyak cersil menarik lainnya. Baiklah mari kita simak Profil Djair - Pengarang Cersil Jaka Sembung dibawah ini. Komik ini dulu begitu ikonik dan sangat disukai penggemar komik silat tanah air karena perkembangan ceritanya yang sangat menarik dan tidak membosankan. Sampai-sampai dibuatkan filmnya ke layar lebar.

PROFIL DJAIR - PENGARANG CERSIL JAKA SEMBUNG

DJAIR WARNI, 50  tahun

Dia adalah satu dari “The Big Seven”. Dan Djair Warni, komikus itu, menjadi salah satu dari tujuh besar karena karyanya Jaka Sembung, Djaka Gledek, Si Tolol, Kiamat Kandang Haur, Malaikat Bayangan, dan Toan Anak Jin. Seperti rekan-rekannya sesama “The Big Five”, Djair tergolong komikus otodidak. Ia sudah membuat komik sejak masih remaja. Padahal, dulu ayahnya menaruh harapan supaya Djair bercita-cita sebagai insinyur. “Waktu itu saya sering dimarahi Ayah karena lebih senang membuat komik daripada belajar. Akhirnya saya mencuri-curi kesempatan,” tutur Djair. Ia menggemari karya-karya Ganes T.H. (Si Buta dari Goa Hantu), Jan Mintaraga (Rio Purbaya), dan Hans Jaladara (Panji Tengkorak) ini.


Mungkin karena itulah komik-komik Djair juga memiliki pengaruh dari komikus yang dikaguminya; ia cenderung mengisahkan pengembaraan seorang pendekar dalam menegakkan kebenaran. Kisah pengembaraan para pendekar yang dianggap pahlawan itu lengkap dibumbui cerita kehidupan sehari-harinya, sehingga terasa membumi. Lihat saja Jaka Sembung. Berbeda dengan tokoh hero seperti Si Buta dari Goa Hantu atau Panji Tengkorak yang selalu berkawan dengan sunyi, Jaka Sembung justru digambarkan sebagai tokoh yang sudah berkeluarga. Atribut yang digunakan Jaka juga tidak seperti Si Buta, yang berpakaian kulit ular, melainkan baju biasa berlilit sarung. Begitu populernya hingga kisah Jaka Sembung itu sempat diangkat ke layar lebar dengan bintang Barry Prima.


Beberapa Judul Cersil Jaka Sembung :
1. Bajing Ireng
2. Gerombolan Lalawa Hijau
3. Raja Rampok dari Lereng Ciremai
4. Badai Laut Arafuru
5. Air Mata Kasih Tertumpah di Kandanghaur
6. Lagu Rindu dari Puncak Ciremai
7. Menumpas Gerombolan Lalawa Hideung
8. Mahligai Cinta Sepasang Pendekar
9. dll

Pada masa jayanya, penghasilan yang diperolehnya cukup untuk menghidupi istri dan ketiga anaknya. Maklum, untuk satu cerita terdiri dari 7 sampai 10 jilid ia memperoleh Rp 100 ribu, yang merupakan angka yang tinggi untuk ukuran tahun 1960-an. Sayang, zaman keemasannya sulit terulang. Ia bahkan pesimistis, komik Indonesia bakal bangkit kembali. Soalnya, “Sekarang sudah ada televisi, bioskop, mal, dan videogame. Anak-anak sudah terbiasa dicekoki komik terjemahan dari luar negeri,” kata Djair. Ia kini banting setir menekuni profesi di dunia sinetron dan film sebagai penulis skenario. Salah satu karyanya adalah skenario film Fatahillah, yang dibiayai Pemerintah DKI (1997).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.