Skip to main content

NOSTALGIA DAN KENANGAN ERA 80

Era 80 merupakan awal perubahan modernisasi di Indonesia, banyak hal kini yang banyak dirintis di era ini. Perubahan-perubahan pergerakan dari hal yang klasik ke era yang lebih modern, riang dan kontras. Mulai dari film (termasuk film panas..hehe), trend jajanan, film kartun, musik dan lain-lain. Untuk mengenang masa-masa tersebut dibawah inilah sekelumit kenangan yang saya review ulang. Nostalgia dan kenangan era 80 jaman penulis masih sekolah di SD dan mulai mengenal apa itu musik Indonesia. Belum lagi Film Indonesia yang mainstream. hehe.. Selamat bernostalgia …

Nostalgia dan kenangan masa kecil di Era 80

COKLAT AYAM
Dulu coklat ini ga ada tandingannya untuk level umu ya, di tiap warung pasti ada coklat ginian. Dulu mah ga jaman supermarket gede bro. Inilah ikon jajanan paling dikenang sepanjang masa, dengan liat covernya orang langsung ingat masa kejayaan coklat ini di warung-warung di jaman dulu.

coklat ayam jago jadul - nostalgia era 80

Bahkan sekarang coklat ini masih diproduksi lho, Cuma sayang cover legendarisnya diganti merah mengkilat, kalo dulu cepekan sekarang mah gopean..hehe. untuk sekedar mengenang masa kecil dulu, belilah di warung terdekat. Dijamin rasanya .... beda banget sama silverqueen. Hehehe…

PERMEN KARET YOSAN
Mungkin Karakter Lupus novel keren di jaman dulu itu terinspirasi dari permen karet ini. Rasanya??... manis banget, kenyal dan asyik buat dibikin balon. Buat tampil “cool” bin cuek asyik banget makan permen karet ini. Tapi udah manisnya ilang.. pait dan keras cooyy.. kalo di sekolah tempelin ke kursi orang deh.. hehehe. Tuh kan bener inspirasinya si Lupus.

permen karet yosan jadul - nostalgia era 80

CHICLETS
Permen karet ini termasuk legend dijamannya, karena apa?.. ada iklannya lho di TVRI jaman dulu. Padahal sangat jarang sekali iklan bisa masuk teve jaman 80an sih. Rasa permen ini yang paling beken yaitu yang mint untuk menyegarkan mulut dan ga bisa dibikin buat balon maenan si Lupus.
.
Permen Chiclet - Nostalgia era 80

hehe. Masih inget cara bukanya?.. buka ujung kartonnya. Jadi tinggal di getok keluar deh si chiclet dari kandangnya. Permen ini ada beberapa rasa lagi sesuai warna bungkusnya yaitu butter scotch, rasa coffee scotch dan rasa yoghurt scotch. Inilah permen terkeren masa 80an!

ANAK MAS
mie anak mas - Nostalgia era 80

Pengen cemilan kaya kerupuk tapi juga pengen mie instan.. tapi males nyeduhnya. Pilihannya Cuma satu jajan mie anak mas pelopor mie instan yang dikremes dan dimakan kering. Lumayan ngetop karena harganya murah banget dibanding supermi dll.. pas lah buat anak-anak ngemil sambil maen layangan sore-sore. Mangap liatin langit.. krauk..krauk. sedaap!!..hehe

TIC-TAC
Mas mas dan bapak bapak jaman dulu doyan banget sama permen yang satu ini. Buat ngilangin bau rokok kalo ketemu pacar atau istri. Permennya imut banget dengan tutup flip flop dengan jenis warna permen yang beda2. pokonya dijamin kalo ngemut ni permen bikin kesel.. kecil banget. Berapa kali ngemut langsung lenyap.. ^^

COCORICO
Cocorico mah Permen paling Lux dijamannya atuh.. kemasannya ada yang ka;lengan dan ada yang kotak kardus isi 6 butir kalo ga salah. Inilah cikal bakal permen bening pertama di indonesia setelah gulali yang sangat-sangat konvensional.. hehehe. Pokonya kalo dapetin ni permen seneng banget dech. Udah rasanya orgy juga.. kristalll booo!!!

SI UNYIL
Jamannya TVRI masih kreatif dan memiliki nilai edukasi pada anak yang tinggi. Maka lahirlah film seri boneka Si Unyil. Cerita para boneka yang ditayangkan TVRI yang bikin anak-anak ketagihan untuk selalu nonton kisahnya. Isinya cukup mendidik dan menghibur. Tokohnya adalah si unyil, kinoy, usro, cuplis, pak raden yang super pelit, dan tentunya pak ogah yang.. cepee dulu dong. Hari Minggu pagi adalah harinya Nonton Si Unyil! hehe.. Untuk artikel lengkapnya bisa di baca di Nostalgia Film Boneka Si Unyil.

HE-MAN
Jaman gue kecil ni pilem kartun beken banget. Kalo maen sama temen-temen suka ngikutin gayanya.. bawa-bawa pedang sambil tereak tereak “himeen” hehe.. ceritanya mirip mirip Conan the barbarian.

Film kartun He-man - Nostalgia era 80

Kisah pangeran yang memiliki kekuatan dari kristal, tunggangannya macan, sahabatnya hantu kecil bernama "orko" dan musuhnya "the skeleton", ditayangin di TVRI,

VOLTUS FIVE
Film kartun jepang berseri jaman rental video VHS ini beken abiisss. Cerita 5 jagoan dengan 5 pesawat yang bisa bergabung menjadi robot kuat bernama Voltus. Bareng-bareng melawan invasi asing ke planet bumi. Pelopor film unite-robot dimasanya.

Film kartun Voltus Five - Nostalgia era 80

ALVIN AND THE CHIPMUNKS
Kisah tingkah laku bajing-bajing bersaudara yang lucu dan imut, film kartun yang ditayangin di TPI tiap pagi. Kalo sekolah pagi walhasil.. kaga nonton deh.

The A-Team
Nah Film Seri TVRI yang satu ini nih yang paling saya demen. Film serial paling legendaris buat jaman dulu mah. The A-team biasa penulis tongkrongin meskipun bareng babeh. Cerita tentang Para Eks tentara yang desersi karena di fitnah dan dikejar-kejar tentara pemerintah. Ada Hanibal sebagai pemimpin denagn kru nya yang jagoan plus kocak seperti Face, BA, dan juga si gila Murdock. keren banget dah nih serial TVRI.

Film seri TVRI legendaris - The A-team- Nostalgia era 80


HUNTER
Film seri polisi amrik yang ditayangkan seminggu sekali di TVRI, kisah seorang detektif polisi dan patner ceweknya “dedee mc call” yang sexy membongkar kasus kejahatan di kota los angeles (kalo ga salah). Cukup ngetoplah dibanding dunia dalam berita mah .. hahayy

Film seri TVRI- Hunter - Nostalgia era 80

OSHIN
Film seri drama jepang pertama yang diputar TVRI, maklum.. jaman dulu teve kan Cuma satu TVRI doang. Kisah perjalanan hidup gadis jepang di era PD II dari ia bontot sampe nenek-nek. Saking bekennya film seri ini sampe ada kue yang namanya sama.. kue oshin. kayanya masih ada jaman sekarang juga. Gitu lho ade ade asal usul kue oshin tuh .. 

Film seri TVRI- Oshin - Nostalgia era 80

LUPUS
Dilahirkan dari buku novel karangan Hilman Hariwijaya yang ditulis episode per episode di Majalah gaul jaman 80an. Majalah Hai – majalah remaja jaman dulu. Ceritanya tentang anak SMA (sekarang sih SMU) yang biasa2 aja tapi digandrungi temen-temennya, naik bus kota. Cerita asli cerpennya natural dan kocak banget. Saking ngetopnya novel-novelnya selalu best seller dan difilmkan. Buat artikel lengkapnya bisa di baca di Novel Lupus - Novel Remaja Terlaris Era 80-90.

Baca Juga : Musium Mainan Anak Era 80 di Bandung

Daann.. masih banyak hal-hal lain yang belum dibahas di era 80 ini. Seperti misalnya saja film-film Indonesia Jaman jadul, Lagu-lagu dan penyanyi era 80, pelawak era 80 dan masih banyak lagi. Silahkan buka saja Menu Kenangan atau di kategori Legendaris dalam Daftar Isi atau di Label website ini kawan. Kenangan dan nostalgia Era 80 memang ga ada matinya. Ingatlah Era 80 adalah damai tentram sentosa.. hehehe
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.