Skip to main content

MAINAN DAN PERMAINAN JAMAN DULU

Nostalgia masa kecil yuk? Udah lama disibukkan rutinitas dan kesibukan  sehari-hari. Bagi yang ngalamin masa kanak-kanak di era 80-90. Mungkin pernah mengenal ataupun mengalami Mainan dan Permainan jaman dulu yang akan saya ketengahkan kali ini. Mainan dan permainan jaman dulu pantas lho kalo dikategorikan sebagai Memorabilia. Berkesan banget bagi saya dan mungkin bagi anda yang pernah mengalaminya.

MAINAN JAMAN DULU



Kalo bicara masalah mainan yang paling berkesan pada jaman saya SD adalah Gamewatch. Apaan tuh Gamewatch? Sejenis Game pocket yang ada jamnya, bentuknya kotak. Game yang cukup terkenal dulu Donkeykong, popeye dan yang paling terkenal dari seri ini yaitu: Game Casio Series.
Game Casio ini yang saya kenal ada tiga (Westernbar, Kungfu dan Submarine). Suaranya heboh dan gamenya asyik banget deh

Selanjutnya Mainan Yoyo, meskipun jaman dulu cuma dari kayu dan benang kasur tapi ini mainan yang bisa bikin kreatif. surr... surr.. kebawah, kedepan dan 'pakusut' alias talinya kusut, hehehe..

Mainan yang terakhir yang saya tampilkan nih paling fenomenal bagi saya. Nintendo!! huhuy..jaman dulu ga ada mainan secanggih ini. Maklum belum ada playstasion dll, paling yang ada baru Atari doang. Gamenya banyak banget. Misalnya Mario Bros, Street Fighter, Zelda dll.


Kalo mainan lokal bin orisinil jaman dulu ada sih yang berkesan. Ini nih Mainan Kapal dalam baskom. hehe.. Kapal dari kaleng yang diisi karbit kalo disimpen dalam baskom gede bakalan maju sambil bunyi..tek..tek..tek.



PERMAINAN JAMAN DULU
Permainan jaman dulu yang sempet jadi favorit selain main layangan adalah main gundu atawa kelereng. Gara-gara permainan ini saya sering dimarahin ibu. Tapi asyiknya kalo mainnya jagoan kita bisa jualan kelereng sama temen. Jaman jigowan (Rp.25) dapat 4 biji.. hehe (sintir, poces,stan,epek).

Ada juga permainan mainin binatang yang satu ini, kelomang (di sunda: kumang). Asyik banget. Cara mainnya tinggal di :hah..hah" pake nafas mulut keluar deh dari cangkan, baru jalan deh (gara2 bau mulut tuh..hahaha)..

Permainan klasik warisan leluhur yang pernah dialamin (jaman SD) yaitu main meriam bambu (di sunda: Main lodong). Jadi Bambu diisi karbit dan rumput/jerami kering, di bakar sampai keluar bunyi kaya meriam. Asyik uy..



Satu lagi permainan yang tidak akan pernah mati. Yaitu Main bola. Jaman dulu ga perlu susah-susah futsal plus bayar segala. Asal ada bola jadi deh. Lhah.. lapangan banyak. Bolanya paling bola plastik, yang kerennya bola blitter (dari kulit). Mantaps pokonya!! apalagi maennya pas hujan dan berlumpur.. Purba banget dah, tapi saya suka banget main bola ginian. Seru!!

Sebenarnya banyak banget permainan jaman dulu seperti pistol dari biji tanaman paku, gatrik, galah asin dll. Juga Mainan mobil-mobilan dari bekas kaleng susu dan kulit jeruk bali. Semuanya berkesan sekali. Bedanya dengan sekarang permainan atau mainan jaman dulu cenderung membuat kita lebih kreatif dan lebih bersosialisasi.
Masa kanak-kanak memang masa lalu, tapi masa lalu bisa menjadi kenangan indah bagi kita. Setujukah anda sobat-sobat? ...  :)
Antapani, Mei 2010


Pengen tau Mainan canggih di Tahun 2010? Baca aja artikel ini :
Mainan-mainan Canggih di Tahun 2010 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.