--> Skip to main content

Misteri 6 Mitos Gunung Rinjani Dibalik Keindahan Dan Pesonanya Yang Fenomenal

Keindahan alam suatu tempat di nusantara ini banyak yang menyimpan misteri dan fenomena alam yang masih misterius. Banyak sekali kisah-kisah rakyat dan mitos-mitos di masyarakat yang masih dipercaya sampai saat ini. Misalnya saja mengenai fenomena dan misteri Gunung Rinjani dan beberapa tempat wisata di areanya. Berdasarkan beberapa sumber ternyata ada beberapa kisah misteri 6 mitos Gunung Rinjani di balik keindahan dan pesonanya yang fenomenal. Gunung Rinjani juga terkenal sebagai daerah wisata yang terkenal keindahannya bahkan sampai mancanegara.

Misteri 6 Mitos Gunung Rinjani Dibalik Keindahan Dan Pesonanya Yang Fenomenal

Keindahan alam Gunung Rinjani sangatlah beragam bisa dikatakan sepanjang perjalanan menuju Gunung Rinjani menyuguhkan banyak keindahan alam. Misalnya saja keindahan alam yang membelalakkan mata seperti danau, gua, hingga sumber mata air panas.

Namun tahukah kamu bahwa gunung dengan ketinggian 3726 mdpl ini juga menyimpan misteri yang justru membuat keindahan alamnya penuh pesan magis. Tak mengherankan bila akhirnya lahir mitos-mitos yang menyelimuti Gunung Rinjani.

Salah satu mitos tersebut adalah Gunung Rinjani dipercaya sebagai sumber kekuatan dan inspirasi bagi masyarakat Lombok. Karena itulah mereka selalu menjaga Gunung Rinjani agar tetap lestari. Ini juga berlaku bagi siapa pun yang mendaki gunung tersebut, sebagai wujud rasa hormat dan menghargai alam serta kepercayaan masyarakat setempat.

Nah, memangnya seperti apa mitos-mitos yang melingkupi Gunung Rinjani? berikut enam mitos unik gunung tertinggi kedua di Indonesia tersebut.

1. Mitos larangan berkeluh kesah dan memikirkan hal negatif.


Mitos Gunung Rinjani larangan berkeluh kesah dan memikirkan hal negatif
foto: shutterstock.com

Sepanjang perjalanan, pendaki dilarang berkeluh kesah dan memikirkan hal negatif. Konon, musibah akan menimpa pendaki jika terlalu sering berpikiran buruk. Selama di alam yang masih terjaga ini, pendaki disarankan tetap berpikiran positif dan jangan mengeluh. Oleh karena itu, selalu jaga diri dan jangan berpikiran macam-macam ketika mendaki Gunung Rinjani.

2. Mitos di balik keindahan Danau Segara Anak.


Mitos di balik keindahan Danau Segara Anak
foto: shutterstock.com

Tak hanya keindahan pemandangan di puncak, Gunung Rinjani punya Danau Segara Anak yang populer. Konon danau ini menyimpan berbagai kekuatan dan misteri yang unik.

Danau Segara Anak ini dipercaya bisa memberikan satu peringatan agar kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Masyarakat setempat percaya setelah meninggalkan Danau Segara Anak, kamu bisa memiliki semangat baru.

Berbagai acara adat masyarakat setempat juga sering dilaksanakan di Danau Segara Anak. Konon di danau inilah kediaman tokoh legenda atau pewayangan Dewi Anjani, ibunda kera putih Hanoman, berkuasa meliputi seluruh Gunung Rinjani.

3. Sosok Dewi Anjani, sang penguasa Gunung Rinjani.

Sosok Dewi Anjani, sang penguasa Gunung Rinjani
foto: shutterstock.com

Gunung Rinjani ini ternyata memiliki sosok 'penguasa' yang cantik yaitu Dewi Anjani. Sosok ini dipercaya sebagai ratu jin penjaga Gunung Rinjani. Menurut masyarakat setempat, Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tak diizinkan ayahnya menikah dengan pria pilihannya. Karena itu, Dewi Anjani menghilang di mata air yang bernama Mandala. Setelah itu, Dewi Anjani dikenal sebagai penguasa dunia gaib Gunung Rinjani.

Kisah Dewi Anjani ini menarik perhatian Febrian. Demi mencari pujaan hatinya, Adisty, si ganteng ini menjelajahi Gunung Rinjani. Dalam webseries terbarunya, Goresan Jejak 2, Febrian memelajari mitos Dewi Anjani dari orang lokal.

Bagi masyarakat Sasak Lombok, puncak Gunung Rinjani sebenarnya tak terdaki karena merupakan istana Dewi Anjani. Oleh karena itu, tempat tersebut tak bisa disentuh oleh makhluk lain seperti manusia. Seandainya anda ingin tahu silahkan mengikuti kisah Febrian dalam webseriesnya di Google selama di Gunung Rinjani. Bnamanya webseriesnya adalah Webseries Goresan Jejak.

4. Aik Kalak, tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana.

Aik Kalak, tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana
foto: shutterstock.com

Aik Kalak dalam bahasa setempat bisa diartikan sebagai air panas. Sumber mata air panas ini cocok sekali sebagai tempat istirahat bagi pendaki. Bagi masyarakat Gumi Sasak (Lombok) tempat ini konon dipercaya sebagai tempat pemandian Adipati Surabaya, Raden Mas Jayengrana. Sosok ini merupakan salah satu tokoh utama di pewayangan Lombok.

5. Goa Susu sebagai tempat menyempurnakan ilmu spiritual.

Goa Susu sebagai tempat menyempurnakan ilmu spiritual
foto: allindonesiatourism.com

Tak hanya danau dan sumber mata air, Gunung Rinjani juga mempunyai goa yang punya mitos unik. Di Goa Susu, konon hanya orang tertentu dengan hati bersih yang bisa bertapa di tempat ini. Jika ingin menggunakan ilmu spiritual untuk kepentingan jahat, orang tersebut bisa langsung mati di dalam goa. Keunikan di goa ini adalah masyarakat setempat menggantungkan kain-kain putih untuk menjaga keasrian Goa Susu.
Baca Juga : Galeri Foto Keindahan Alam Indonesia Versi National Geographic
6. Mitos larangan menginjakkan kaki di daerah tertentu.

Mitos Gunung Rinjani larangan menginjakkan kaki di daerah tertentu
foto: shutterstock.com

Gunung Rinjani memiliki beberapa tempat yang terkenal mistis dan penuh misteri. Konon, pendaki tidak boleh mengunjungi tempat-tempat tersebut. Hilang dan tewasnya pendaki sering dikaitkan oleh penduduk setempat karena mereka berusaha mengunjungi area terlarang tersebut. Oleh karena itu, sebelum mendaki, kamu harus mempelajari dulu area terlarang dari masyarakat setempat.
Baca Juga : 3 Mitos Gunung Paling Misterius dan Horor di Indonesia
Nah bagaimana pendapat sahabat pembaca fenomenamisteri.com mengenai Fenomena dan miteri 6 mitos Gunung Rinjani dibalik keindahannya yang menghipnotis ini? Setidaknya hal ini baik untuk menambah wawasan dan khazanah alam dan budaya setempat> Indonesia ini memang terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya semoga generasi penerus kita mampu untuk menjaga kelestariannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.