Skip to main content

Kisah Masjid Pertama Didirikan Di Muka Bumi Oleh Rasulullah

Setiap jumat kita pergi ke mesjid untuk Jumatan dan kini di bulan Ramadhan ini setiap malam kita pergi ke masjid untuk shalat Tarwih tapi tahukah kawan Masjid yang pertama kali di buat dan didirikan di dunia ini? Ada riwayatnya mengenai hal ini. Inilah Kisah Masjid pertama didirikan di muka bumi oleh Rasulullah. Mesjid itu adalah Masjid Quba di Arab saudi. Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali ada di dunia dan dibangun oleh Rasulullah. Saat ini Masjid Quba terlihat lebih megah dan indah karena renovasi dari pemerintah Arab Saudi dari masa ke masa. Mari kita simak ulasannya.

Kisah Masjid Pertama Didirikan Di Muka Bumi Oleh Rasulullah

Sebelumnya sebagai keterangan saja kondisi saat ini sudah jauh berubah sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan jama’ah, megah dan kokoh. Meskipun demikian masjid ini menyimpan sejarah Islam yang tak mungkin dilupakan.

Sejarah Berdirinya Masjid Quba

Sejarah Masjid Quba di awali oleh Rasulullah yang pertama kali meletakkan batu tepat di kiblatnya. Abu bakar kemudian datang membawa batu dan meletakkannya.

Kisah Masjid Pertama Didirikan Di Muka Bumi Oleh Rasulullah - Masjid Quba

Dilanjutkan Umar yang meletakkan batu di samping batu abu bakar. Setelah itu barulah kaum muslimin beramai-ramai membangunnya.

Awal mula sejarahnya ketika Nabi Muhammad dalam perjalanan hijrah ke Madinah, di kampung Quba, Sayyidina 'Ammar RA mengusulkan untuk membangun tempat berteduh bagi Baginda Nabi agar dapat beristirahat siang dan mendirikan salat dengan tenang. Lalu, Sayyidina 'Ammar mulai mengumpulkan batu-batu dan mendirikan masjid.
Baca Juga : Kisah Mesjid Agung Buton Dan Mitos Lubang Menuju Mekah
Al khathabi menginformasikan dari As syamusi binti an-numan, "Tatkala Rasulullah membangun Mesjid Quba, Sayyidina Ammar bin Auf datang membawa batu yang diikatkan di perutnya lalu meletakannya. Seorang pria kemudian datang hendak mengangkatnya, tetapi dia tidak kuat. Rasulullah pun menyuruh lelaki itu meninggalkannya dan mengambil batu yang lain.

Kisah Masjid Pertama Didirikan Di Muka Bumi Oleh Rasulullah - Masjid Quba

Baca Juga : Masjid Nando Didirikan Oleh Makhluk Gaib
Demikianlah sejarah didirikannya Masjid Quba dan kisah Masjid pertama di muka bumi ini di jaman Rasulullah. Semoga hal ini menambah keimanan kita dan lebih bersemangat memakmurkan masjid dengan mengisinya dengan ibadah dan kegiatan yang positif.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.