--> Skip to main content

Fenomena 5 Suku Gaib DI Indonesia Antara Ada Dan Tiada Tapi Banyak Mitos Dan Fakta Kemunculannya

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau. Didalamnya banyak sungai-sungai besar dan hutan rimba belantara yang misterius dan sakral. Belum lagi banyaknya gunung-gunung besar yang angker dan berselimut misteri didalamnya. Tak heran banyak sekali penghuninya baik yang biasa saja dan juga yang penghuni yang misterius keberadaannya. Tercatat fenomena 5 suku gaib di Indonesia antara ada dan tiada tapi banyak mitos dan fakta kemunculannya yang disaksikan masyarakat atau pendatang. Hal-hal mistis memang menjadi bagian dari budaya Indonesia dan sampai kini juga masih dipercaya keberadaannya.

Fenomena 5 Suku Gaib DI Indonesia Antara Ada Dan Tiada Tapi Banyak Mitos Dan Fakta Kemunculannya

Selain suku-suku biasa yang kita ketahui bermasyarakat, konon ada suku gaib yang juga tinggal di Indonesia. Suku-suku itu kadang tampak dan kadang menghilang begitu saja hingga menjadi misteri dan fenomena. Cerita tentang suku gaib ini akhirnya diturunkan dari satu generasi ke generasi menjadi urban lagend hingga bisa bertahan hingga sekarang. Penasaran seperti apa kisah para suku misterius ini? Berikut ringkasannya!

Suku Bati – Pulau Seram

Pulau Seram menyimpan misteri tentang sebuah kelompok makhluk misterius bernama Bati. Warga di kawasan itu begitu takut dengan Bati lantaran mereka kerap menculik anak-anak untuk disantap. Makhluk ini memiliki tinggi sekitar 1,6 meter dan memiliki sayap sangat lebar berwarna hitam. Sekilas, Bati mirip sekali dengan manusia kelelawar yang terbang di angkasa. Kisah tentang Suku Bati mendadak jadi isu global di masa lalu lantaran ada orang asing bernama Karl Shunker menulisnya menjadi sebuah artikel. Warga Pulau Seram di masa lalu percaya kalau Suku Bati yang mirip kelelawar ini hidup di gua-gua di puncak gunung. Mereka hanya akan turun untuk mencari mangsa yang berupa hewan atau kalau nggak ada anak-anak pun bisa disambar.

Fenomena misteri suku bati suku manusia kelelawar di indonesia

Kisah suku yang sangat ditakuti oleh warga Pulau Seram ini mendadak hangat lagi lantaran orang asing bernama Karl Shunker menulisnya menjadi sebuah artikel. Warga Pulau Seram di masa lalu percaya kalau Suku Bati yang mirip kelelawar ini hidup di gua-gua di puncak gunung. Mereka hanya akan turun untuk mencari mangsa yang berupa hewan tidak terkecuali anak-anak manusia. Namun fakta ilmiah mengenai keberadaan suku misterius ini masih menjadi teka-teki yang belum terpecahkan.

Orang Bunian – Sumatra Barat

Orang Bunian adalah salah satu kelompok suku gaib yang konon banyak sekali terdapat di Sumatra Barat. Mereka tinggal di kawasan hutan, bukit, atau kuburan yang sangat sepi. Beberapa cerita mengatakan bahwa orang bunian kerap meninggali rumah kosong. Mereka suka muncul saat senja dengan mengeluarkan tanda-tanda. Biasanya orang setempat akan membaui aroma kentang yang digoreng. Makhluk ini dikenal suka menyesatkan para penjelajah. Bisanya mereka berwujud manusia secara sempurna. Orang-orang yang ikut masuk ke dunia orang bunian akan susah sekali untuk keluar, terlebih jika sampai makan masakan dari sana. Itulah mengapa kasus-kasus hilangnya orang di hutan selalu dikaitkan dengan adanya orang bunian.

Fenomena misteri Suku Bunian Di Sumatera Barat Indonesia

Legenda keberadaan makhluk misterius ini tidak hanya terkenal di wilayah Sumatera saja, melainkan sudah menjadi penelitian masyarakat dunia. Para ilmuan dari mancanegara meyakini jika orang Bunian merupakan makhluk langka yang hidup di tengah hutan dan sangat menutup dirinya dari manusia modern. Dari penelitian yang dilakukan, sedikit berhasil menguak fakta misterius tentang keberadaan orang Bunian tersebut. Mereka berhasil menemukan bukti-bukti tentang keberadaannya, seperti penemuan jejak kaki hingga sebuah rekaman video sosok makhluk misterius tersebut.

Menurut salah satu sumber, hasil penelitian menggambarkan jika orang bunian adalah sebuah makhluk hasil evolusi kera. Para peneiti mengatakan jika makhluk yang satu ini berjalan dengan kedua kakinya seperti manusia, bahkan mereka pun berjalan di atas tanah tapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan lebih pendek dari manusia. Apapun hasil penelitian itu, yang jelas sosok orang Bunian tetaplah menjadi suku yang menakutkan bagi warga Sumatera, khususnya daerah Minangkabau.

Suku Paloh – Kalimantan Barat

Fenomena misteri suku paloh kalimantan barat

Di kawasan Kalimantan Barat terutama yang dekat dengan Malaysia terdapat sebuah desa bernama Paloh. Konon, kawasan ini memiliki banyak manusia gaib yang kerap disebut dengan Suku Paloh. Aktivitas suku gaib ini dimulai pada malam hari. Orang-orang yang pernah melihat mengatakan bahwa peradaban suku ini sangat maju. Mereka seperti layaknya manusia biasa yang berjualan, bersosialisasi hingga punya keluarga. Pada tahun 70-an ada sebuah pesawat yang melintas di sini dan hilang. Menurut kabar pesawat itu masuk ke dunia Suku Paloh dan nggak akan bisa ditemukan lagi.

Orang Limun – Kalimantan Barat

Orang Limun merupakan sekelompok suku gaib yang dikisahkan menghuni sebuah kerajaan gaib yang bernama Padang 12. Kerajaan Padang 12 ini berlokasi di sebuah lahan kosong yang dipenuhi pasir dengan dikelilingi pohon pinus di daerah Kalimantan Barat. Dinamai Padang 12 karena luas daerah ini adalah 12 km persegi. Dipercaya hika sosok orang Limun merupakan makhluk sebangsa jin muslim tapi ada juga yang menyebut jika mereka adalah keturunan langsung dari malaikat Marut dan Harut. Pernah ada beberapa kejadian aneh orang yang bertemu langsung dengan orang Limun. Salah satunya adalah seorang bidan yang bertugas di sekitar daerah tersebut.

Fenomena misteri suku limun kalimantan barat Indonesia

Pada malam harinya sang bidan diketok oleh suami istri untuk membantu istrinya yang akan melahirkan. Tanpa banyak bertanya dia pun membantu ibu tersebut dalam proses persalinan. Setelah selesai, suami istri yang tidak mempunyai uang tersebut membayar sang bidan dengan menggunakan kunyit saja. Sang bidan pun dengan ikhlas menerima pemberian tersebut. Ajaib, keesokan harinya saat terbangun, sang bidan terkejut melihat kunyit pemberian suami istri yang dibantunya melahirkan itu berubah menjadi sebongkah emas. Pendudukan setempat percaya, orang-orang beruntung yang bisa bertemu dengan orang Limun adalah orang yang memiliki hati suci dan baik.
Baca Juga : Fenomena Dan Misteri Suku Lingon Di Hutan Halmahera Indonesia
Suku Mante – Aceh
Suku Mante menjadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini setelah video komunitas motor trail menangkap sosok yang berlari cepat di jalan bersemak belukar. Orang Mante dipersepsikan punya tubuh kecil, pemalu, dan misterius.

Fenomena 5 Suku Gaib DI Indonesia Antara Ada Dan Tiada Tapi Banyak Mitos Dan Fakta Kemunculannya

Orang Mante atau Bante dianggap sebagai orang asli Aceh sebelum para pendatang tiba di Tanah Rencong dan membentuk masyarakat Aceh modern, seperti yang jamak dikenal sekarang. Keberadaan orang Mante di era modern sendiri masih penuh tanda tanya. Kebanyakan hanya berupa kabar kesaksian yang sulit dipercaya atau hanya jejak-jejak mungil di tanah yang ditemukan pelintas.
Baca Juga : Fenomena Misteri Suku Mante Di Pedalaman Hutan Aceh 
Nah Itulah lima suku gaib yang ada di Indonesia yang sering terlihat kemunculannya berdasarkan banyak kesaksian masyarakat. Sampai dengan saat ini fenomena suku gaib tersebut masih menjadi misteri bagi para peneliti. Apakah mereka ini benar-benar ada atau tidak ada? Apakah mereka ini suku terasing ataukah memang suku dari kalangan makhluk halus? Entahlah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.