--> Skip to main content

Kisah Horor Pengalaman Naik Gunung Semeru

Sebenarnya banyak sekali pengalaman-pengalaman para pendaki gunung yang mengalami kejadian mistis ataupun horor ketika menaiki Gunung Semeru. Disini admin mengetengahkan salahsatunya yaitu pengalaman TS.Nefri.ryu salahsatu penulis kaskus. Dia bersama rekan-rekannya mengalami kisah horor pengalaman naik Gunung Semeru. Mungkin hal ini bisa membuat himah dan berhati-hati bagi kita jika memasuki daerah yang tidak kita kenal. Yuk kita simak..

Ini cerita perjalanan ane dan keempat teman ane waktu kami mendaki Gunung Semeru. Perjalanan ini sekitar tengah tahun 2015, waktu mekar-mekarnya bunga oro-oro ombo ungu yang baru kali ini ane lihat.

Kisah Horor Pengalaman Naik Gunung Semeru


Waktu itu, ane, uni, andre (cowo uni), nur dan igo berangkat mendaki gunung Semeru. Karena ane yang udah pernah naik Gunung Semeru, jadi ane jadi guide+porter ngenesin (kepaksa.wkwkw). Sebenarnya ane gak nargetin muncak, karena ane cukup sekali aja muncak, udah puas. Kalo nur, baru kali ini naik gunung. Karena fisik nur gak se-strong fisik ketiga teman ane yang sering naik gunung, jadi kami berdua fix untuk standby di Kalimati doang. Kalo ngajak dia naik, bisa-bisa ane yang mencret2 narik badannya yang segede gaban emoticon-Big Grin (oke skip..)

Intermezo dikit.
Nur ini emang orangnya punya sixthy sense yang gak terlalu sensitif banget. Tapi, kalo ada hal-hal berbau mistis didekatnya, dia ngerasa tengkuknya terasa sakit dan merinding.

Jadi, waktu itu kami naik barengan. Nur lebih dekat dari ane, karena ane orangnya penyabar, rajin menabung dan hapal utang2 temen.wkwk.. Dibandingin sama ketiga teman ane yg lain, Nur lebih nyaman dekat ane yang sabaaarr bgt jagain dia dan dengar keluhannya.

Camp malam pertama di Ranu Kumbolo dan Camp malam kedua di Kalimati. Selama perjalanan, ane ngelihat banget, Nur sering memegang tengkuknya. Ane kira itu hanya rasa capek dia yang baru perdana naik gunung. Tapi logikanya, kalo capek, kenapa dia gak ngeluh sakit di punggung atau di kaki. Kebetulan dia ini agak perasa juga, jadi apa-apa dirasainnya banget.

Karena di gunung itu, hal2 mistis yang dirasain gak boleh diucapin. Jadi ane ngewanti-wanti sama dia, kalo ada apa-apa, dicuekin aja dan jangan diceritain. Tapi, waktu sampai Kalimati. Nur cerita kalau diperjalanan, dia ngelihat ada ular. Padahal jarak antara ane dan Nur gak terlalu jauh. Tapi ane buat dia ceria lagi, biar dia gak Parno’an dengan apa yang dilihatnya.

Lalu..
Waktu kami turun dari Kalimati ke Cemoro Kandang, ane ajak dia lari saat turunan. Nur tepat dibelakang ane,biar Nur bisa ngikutin ane lari. Kalau dia didepan ane, dia nanti lama jalannya, gak ada penggeraknya untuk jalan. Untuk ukuran pendaki yang baru sekali naik gunung, ane sih acungin jempol buat Nur. Walau gak sampe puncak, tapi powernya lumayan kuat loh, apalagi diajak lari dari Kalimati ke Cemoro kandang yg gak nyampe 1,5jam.

Tapi, waktu ditengah perjalanan menurun, Nur selalu memanggil ane. Dia minta tunggu dan jangan terlalu jauh dari ane. Awalnya ane gak gubrisin, tapi dia terus aja manggil ane. Ane ngerasa ada sesuatu yang dialaminya.

Nur : Kak, tunggu, jangan jauh-jauh.
Ane : Kenapa, kamu capek, mau istirahat?
Nur : Gak kak, pokoknya jangan jauh-jauh.
Ane : Ya ada apa? Tadi dari atas kamu biasa aja
Nur : Ada yang ngikutin aku dari belakang, tapi waktu aku noleh, gak ada siapa-siapa
Ane : Yaudah, kamu duluan aja didepan, aku ngikutin kamu dari belakang

Akhirnya kami sampai di Cemoro Kandang. Sambil nunggu teman dibelakang, kami sibuk berselfie ria di bentangan oro-oro ombo. Lalu, kami nge-camp lagi di Ranu Kumbolo dan menikmati malam terakhir di Gunung Semeru.

Besok pagi, kami bersiap untuk turun gunung. Lagi-lagi, Nur berada tepat didepan ane. Waktu itu, perjalanan antara Pos 4 ke Pos 3. Tiba-tiba, dia menoleh ke belakang dan mengajak ngobrol ane.

Nur : Kak, tadi kakak manggil aku ya..
Ane : Hemm.. iya Nur
Nur : Ada apa emangnya?
Ane : Oh.. itu, plastik sampah kamu mau jatuh. Sini aku benerin dulu
Nur : Okeh, thanks kak..

Lalu, ane nyanyi-nyanyi sepanjang perjalanan turun.. Mulai dari lagu Payung Teduh, Efek Rumah Kaca hingga lagu Nirvana.. Sebenernya ane paling ogah ngobrol apalagi nyanyi selama berjalan mendaki ataupun turun gunung. Karena sangat menguras tenaga..

Tapi..
Kalian tau gak kenapa ane mendadak nyanyi???

Karena..
Ane gak manggil Nur, waktu dia nanya apakah ane manggil dia atau gak!!!
Ane cuma bohong aja, kalo ane manggil dia. Padahal GAK SAMA SEKALI!!!

Ane bohong ke dia, biar dia gak ketakutan selama di perjalanan. Cara itu ampuh ngatasin rasa takutnya, tapi yang ketakutan malah ane. Makanya ane nyanyi-nyanyi ngalar ngidur buat ngibur diri ane yang ketakutan.

Abis turun dan mampir ketempat teman ane di Malang, ane baru cerita ke teman-teman ane, kalo bukan ane yang manggil Nur pada saat itu. Mereka semua kaget!

****
Jadi yang tadi siapa gaes?? Kasihan si Nur. Nah dari secuplik kisah pengalaman mistis TS diatas mungkin sebaiknya kitapun berhati-hati saat menaiki Gunung. Menjaga adab dan sopan santun, tidak berbicara lancang dan kasar. Semoga Bermanfaat bagi rekan sahabat pembaca Fenomena Misteri.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.